Wisata Alam Bagi Kesehatan

Kesehatan bagi tubuh adalah sesuatu yang sangat  penting sekali,tapi sering kali orang sedikit kurang peduli  mengenai kesehatan itu sendiri.Penyakit datangnya dari ALLoh swt,tapi bisa lewat perantara kita yang berpola hidup tidak sehat,sehinga timbulah beberapa penyakit pada tubuh kita.Alloh swt kasih sakit tapi kasih pula obatnya supaya manusia itu berfikir.

Berpola hidup tidak sehat itu banyak macamnya ;

Pola makan dan minum yang tidak sehat
                Kesibukan masyarakat sekarang sudah cukup padat ,bisa dibilang aktifitasnya sekarang  hampir sudah 24 jam,jadi kadang sering kali kurang memperhatikan soal pola hidup sehat,terutama pola   makan yang sehat,walaupun makanan itu sehat tapi kalo dikonsumsi berlebihan akhirnya jadi tidak sehat.Karena cukup sibuk kadang orang tidak sempat masak sendiri padahal dengan masak sendiri kita bisa mengontrol kadar gizi dan tingkat kebersihanya,pada akhirnya  mereka beli makanan jadi atau siap saji  atau yang instan yang kita tidak tahu bagaimana cara masaknya,makin lama jadi kebiasaan untuk selalu beli.Dengan padatnya kesibukan  kita sering kali telat makan akhirya jam makan terganggu sehingga tidak teratur,hal macam ini kelamaan bisa timbulkan penyakit, ini sering kali terjadi dan  tidak kita sadari.

Makanan sekarang  banyak  sekali macam ragamnya,dari tradisional sampai luar negeri,dari dari murah hingga mahal ,dari biasa hingga peralatan yang canggih.Tapi semua itu harus pintar kita memilih yang sehat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi  di tubuh kita.Jangan lupa  cari makanan yang bersih,hindari makanan yang mengandung bahan kimia ,yang saat ini lagi marak sekali .
Anak muda sekarang sering kali menampilkan gaya hidup yang kesanya gaul dan modern,dan ini tidak hanya dikota tapi sampai kepelosok desa,dan hal semacam ini sering kali menimbulkan efek negatif,misalnya karena pingin dianggap gaul anak belum cukup umur pun mulai merokok, mulai mencicipi minuman beralkohol dan anda tahu efek alkohol bila dikonsumsi berlebihan dengan jangka waktu yang panjang?ini bisa membimbing mereka kehal yang lebih buruk lagi katakanlah NARKOBA.INGAT!..jangan sampai salah pergaulan,karena menentukan masa depan anak muda saat ini.

Jaga badan dengan Berolah Raga

Ini tidak kalah pentingnya dengan pola makan sehat,gaya hidup sehat.Penyakit tidak usah di cari atau diundang,dia akan datang dengan sendirinya,secara logika minum minuman beralkohol secara berlebihan,konsumsi narkoba,ini secara tidak langsung sudah mengundang datangya penyakit.kita tahu mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Bila ada sedikit waktu,coba kita manfaatkan untuk berolah raga mungkin akan lebih baik ,dengan catatan jangan terlalu over berolah raganya.Ini akan menjaga keseimbangan badan kita.jenis olah raga cukup banyak,yang penting seluruh  tubuh kita bisa tergerakan semua ,sehingga otot otot yang kaku akan akan bisa lentur lagi,badan bisa sehat pikiranpun bisa lebih fresh bekerjapun akan lebih semangat.
  Contoh kecil dengan berjalan kaki  dipagi hari itu olah raga ringan tapi kalo rutin minimal 1jam sehari,itu efeknya luar biasa kebadan kita,apalagi berjalan kakinya dialam terbuka yang penuh pohon, udaranya sejuk tanpa ada polusi,itu akan membuat badan kita bisa   lebih segar.
Seandainya anda punya waktu cukup ,anda bisa mencoba dengan berwisata alam.

Wisata alam bagi kesehatan ini hasilnya akan jauh lebih bagus ,badan, hati serta pikiran akan jauh lebih segar.Bagi anda yang punya kesibukan cukup padat,dan selalu berhubungan dengan orang banyak, ruangan tertutup dan ber AC ,tentunya akan merasa sumpek,bisa menimbulkan tingkat stres yang tinggi,kalo sudah merasa jenuh coba anda ambil cuti satu atau 2hari  untuk berwisata alam.Ini cukup ampuh untuk ngatasinnya.

Ini ada sedikit pengalaman pribadi  soal wisata alam bagi kesehatan,barang kali nanti bisa membantu anda.Pertama anda tentukan dulu tempat   dan tujuan  karena untuk mengukur fisik anda ,pelajarin dulu track atau medan cari  tahu melalui internet.

Pengalaman pertama wisata alam gunung papandayan

Kebetulan saat itu bertepatan liburan tahun baru,temen temen masih bingung untuk menentukan liburan akhir tahun ,setelah semua temen ngumpul,akhirnya berunding untuk menentukan liburan tahun baru,dari beberapa pilihan wisata alam ke gunung papandayanlah yang diambil.Karena libur bersama jadi yang ikut lumayan banyak,sampai temen dari luar kota juga pada ikut.Seminggu sebelum tahun baru kami mempersiapkan segala sesuatunya,dari mulai mobil,makanan,baju,fisik.Tanggal 31 desember  temen temen yang dibandung sudah pada ngumpul,tinggal menunggu temen dari jakarta.Setelah nunggu beberapa saat yang dari jakarta pun tiba,kami perhatiin mereka sangat semangat walau belum tahu medan alamnya.Sebelum berangkat kami berdoa dulu bareng bareng .Star dari bandung jam 10 malam  tujuan garut   - pameungpeuk  tepatnya desa di cisurupan,dalam perjalan mereka kebayankan tidur karena persiapan buat besok pagi naik gunung.
 Sampai sana jam satu pagi ,dan nginep dirumah temen sebentar,untuk istirahat   .Udaranya sangat dingin  jadi ga diijinin langsung naik keatas.Setelah waktu sudah menunjukan pukul 03.30,kita   bangun dan melanjutkan perjalanan lagi,menuju area parkir.Dsini kami langsung ke pos penjagaan untuk mengisi data anggota yang bakal ikut naik ke atas dan mepersiapkan segala keperluan buat bekal keatas ,karena diatas sana sudah tidak ada yang jualan seperti makan dan minuman.Serta memilih beberapa paket yang ditawarkan porter,.disini ada ;

paket A dengan waktu tempuh 3jam jalan santai pulang pergi melalui kawah,danau,sungai.

Paket B jarak tempuh kurang lebih 5jam pulang pergi jalan santai melalui  kawah ,danau,sungai,hutan mati.

Paket C yaitu semua paket b dtambah meliat sunrise pondok slada,tegal alun,puncak,kurang lebih 7jam pulang pergi.

Setelah kita ambil paket c kita berkumpul untuk berdoa bersama di area parkir supaya dikasih selamat dalam perjalanan.Dengan udara yang sangat dingin kita perlu baju hangat,jangan lupa bekal kita,sepatu yang kuat,headlamp,tali,makan dan minuman semua jangan ada yang ketinggalan.Perjalanan pertama kita  menuju sebuah bukit untuk melihat  sunrise
 Inilah crew narsis kami.....mau naik gunung pa pada mau kmn?.....

dulu,disini cukup menarik karena track pertama justru langsung  menantang,jalan berbatu  dan licin cukup naik dan banyak tebing dikanan kiri jalan,di sini harus fokus sama langkah kaki jaga keseimbangan ,udara cukup dingin karena masih pagi jadi ga terasa cape.Ini pertama kali saya naik gunung dengan minim pengalaman,tapi ini luar biasa selain bangga ternyata mulai bisa merasakan  kebesaran sang pencipta.Setelah beberapa lama perjalanan yang dengan susah payah tibalah kita disebuah bukit yang cukup tinggi sekitar pukul 05.00 .Sambil menantikan matahari menampakan diri sebagain dari kami yang laper mengisi perut yang laper ,karena cukup lelah melewati jalan cukup terjal.Setelah menunggu beberapa menit matahari belum keliatan,nampaknya cuaca sedikit mendung dan mengeluarkan kabut,walau demikian tempat skeliling kita sudah mulai pelan pelan terlihat,akhirnya matahari muncul walau sedikit,itupun sudah membuat hati kami mulai senang.Ternyata subhanalloh..luar biasa cantiknya alam ini,hijau pepohonan udara bersih tak ada polusi,suara sangat hening terasa tentram,hanya suara burung burung dan binatang kecil lainya

Setelah merasa puas melihat  pemandangan dibukit ini,kita melanjutkan kembali perjalan menuju pondok salada,yaitu sebuah dataran tinggi yang cukup luas,biasanya dipakai untuk camping.Jalanan kearah sanapun masih cukup menantang,tapi kali ini sudah dibantu dengan sinar matahari dan jalanya juga ada yang datar,tidak seperti sebelumnya.Semakin lama matahari mulai nampakan diri,semakin jelas pula pemandangan yang bagus disekeliling kita .Jalan pelan pelan sesekali sambil istirahat dan bercanda membuat jalan tidak terasa capai.Disini merasakan sesuatu yang  jauh beda dengan rutinitas kita sehari hari,rasa penat ,jenuhpun hilang seketika dari pikiran kita,

Inilah lokasi favorit  pondok selada sebagai tempat camping

Kita banyak istirahat dan foto foto,maklum pesertanya banyakan cewe,sampai dipondok selada kurang lebih jam 10 siang  ,dan kami istirahat kembali sambil makan dan menikmati alam terbuka.Walaupun  terasa cape dan pegel pegel  tapi semua terbayar dengan melihat pemandangan yang luar biasa indah.
Langkah selanjutnya puncak,tegal alun,hutan mati.Tapi disini ada beberapa temen kami memutuskan lanjut dan sebagian turun karena merasa sudah capai,akhirnya  kami memutuskan turun lewat hutan mati,yang kepuncak  dan tegal alun hanya nitip foto ke temen yang naik.

dengan susah payah untuk mengambil gambar ini,karena sangat terjal,Ini adalah gambar puncak papandayan dlihat dari atas.kita bisa melihat kawah ,danau dan jajaran bukit bukit yang indah lainya.Amazing....
 Dan ini tegal alun,dimana bunga edelwis [bunga abadi] tumbuh subur.Dataran  penuh bunga edelwise yang sangat indah.

Menyusuri jalan setapak yang licin karena sebelumnya sempet gerimis ,pelan pelan kita mengarah kehutan mati
 Inilah temen temen yang selalu narsis diarea hutan mati
Hutan mati adalah tempat dimana hutan lereng papandayan terkena semburan lahar panas sewaktu gunung papandayan meletus sehingga terbakar.tapi sekarang malah jadi pemandangan yang sangat indah.
Dengan semangat yang masih tersisa ,sekarang temen temen mulai  menyusuri area hutan mati yang lumayan cukup luas.Disini struktur tanahnya berbatu dan gersang karena belum ada pohon yang tumbuh tinggi.Tapi udara disini masih lumayan sejuk walau sudah siang.Pohon pohon hitam tak berdaun dan tanah berbatu warna putih,ini malah menjadikan pemandangan langka,karena daerah tandus dan gersang cukup luas,dari hutan mati ,area kawah,danau,sungai dan sekelilingnya.

Kini pelan pelan kita mulai turun dari hutan mati dan menuju kawah papandayan.Kawah papandayan ini masih aktif,tapi bentuknya tak seperti kawah umumnya,yang berbentuk kubangan,tapi ini bentuknya ada sebagian diantara bebatuan yang miring,bebatuan yang datar,bahkan kita bisa foto diatas kepulan asap kawah.ada yang bisa kita berdiri diatasnya,dan warna bebatuannya macammacam ,ada yang kuning emas ,ada yang merah,pokokny cukup unik.

Sekarang kini kita menjelajahi kawah,
 kita berdiri diantara bebatuan yang mengeluarkan asep,kalo berdiri cukup lama disarankan pake masker.karena  bau belerangnya cukup terasa.Tidak jauh dari sini ada danau dan kawah yang cukup besar cuma sayang kami lupa mengambil gambar.Hanya sungai kecil yang bisa diambil gambarnya.
 Air sungai ini kadang warna putih susunya sangat terlihat,menambah cantik dan uniknya pemandangan disini,Posisi kawah, danau,dan sungai ini sudah mendekati area parkir,kurang lebih satu jam jalan santai.
Sambil menyusuri sungai kami turun menuju pulang kearah parkir.walaupun cape dan pegel pegel kami tetep senang dan bangga dengan kondisi alam yang masih bagus.Ini sebagian kecil alam indonesia ,masih banyak lagi alam diseluruh tanah air indonesia,yang luar biasa indah .kita harus bangga sebagai bangsa indonesia yang kaya akan alamnya yang bagus bagus.
Kesimpulanya dengan berolah raga semacam ini,banyak sekali manfaatnya,jantung akan lebih sehat,paru paru akan bersih,pikiran akan lebih tenang,hati akan lebih tentram,kebersamaan antar temen terjaga baik,apalagi temen satu kantor dan cukup hemat.Alam adalah ayat alloh swt yang perlu kita kaji ,pelajari dan renungkan,ini akan menambah keimanan kita,karena dibalik itu semua kebesaran illahi akan terlihat.
Demikian sedikit pengalaman dari kami.dan masih ada lagi yang lain,nanti akan menyusul.

Terima kasih:
Kepada alloh swt yang telah kasih keselamatan pada rombongan kami,Buat temen temenku yang telah bergabung dari Bandung, dari Jakarta,dan dari Jawa di acara liburan tahun baru,di tunggu acara berikutnya.